Penginapanjogja.id – Keindahan melihat pemandangan di pantai memang tidak akan pernah habis, sejuknya udara dan juga nuansa sangat nyaman sekali . Salah satu tempat wisata Pantai yang cukup bagus yaitu pantai Parangkusumo,pantai yang satu ini menurut saya pribadi hampir sama dengan pantai parangtritis karena mempunyai beberapa kesamaan. Yang menjadi keistimewaan kenapa pantai parangkusumo banyak di kunjungi yaitu karena memiliki ombak yang lumayan cukup deras. Pantai parangkusumo adalah sebuah pantai yang berlokasi di kabupaten bantul propinsi DI Yogyakarta dan masih satu deretan dengan pantai parangtritis. Jika ingin kesini jarak yang di tempuh dari kota yogyakarta pantai ini berjarak sekitar tiga puluh kilometer.

Pantai yang satu ini berhubungan dengan samudera hindia sehingga memiliki  tingkat ombak yang lumayan cukup besar jadi saat anda liburan atau berkunjung di tempat ini harus berhati hati . Kunikan yang lain pada pantai ini yaitu karena memiliki hamparan pasir putih yang lumayan luas serta keunikan budayanya yang ditunjukan dengan adanya beberapa ritual khusus pada hari hari tertentu..

Cerita Mistis Pantai Parangkusumo

 

Ditempat ini ada cerita yang berkembang yaitu seputar Legenda batu cinta.selain itu juga pantai parangkusumo kadang digunakan untuk tempat ritual warisan nenek moyang yang dilakukan oleh keraton yogyakarta sendiri, ataupun juga oleh kelompok masyarakat ataupun secara individu. Acara ritual tersebut misalnya seperti tirakatan,semedi, upacara melesti, labuhan, dan labuhan ageng yang sekarang ini malah menjadi objek wisata sendiri

Mitos di Pantai Parangkusumo.

Jika anda berkunjung di pantai ini anda akan melihat sebuah bangunan yang diberi nama dengan cepuri, tempat yang satu ini digunakan untuk memanjatkan do’a sebelum acara labuhan dari pihak keraton yogyakarta dimulai. Di tempat cepuri tersebut ada 2 buah batu yang diyakini konon sebagai tempat duduk panembahan senopati dan ratu kidul yang kemudian batu tersebut dinamakan dengan istilah batu cinta.

Nah mungkin anda penasaran bukan , kenapa disebut dengan istilah batu cinta..? ya karena tempat ini dulunya adalah tempat pertemuan antara raja pertama yaitu panembahan senopati dengan ratu kidul penguasa pantai selatan yang mengikat perjanjian yang berawal dari permintaan sang senopati untuk membantu dirinya menjadi penguasa mataram. Permintaan tersebut akhirnya disetujui oleh sang ratu dengan syarat sang senopati dan seluruh keturunannya mau menjadi suami dari sang ratu dan syarat tersebut disetujui sang senopati dengan syarat dalam hubungan tersebut tidak menghasilkan keturunan. Oleh karena perjanjian tersebut keraton yogyakarta yang merupakan pecahan kerajaan mataram mempunyai hubungan khusus dengan penguasa laut pantai selatan yang akhirnya muncul lah ritual labuhan di pantai parangkusumo ini oleh keraton yogyakarta.

Oiya pantai parangkusumo jika anda melihat pada bagian depan sebelah kiri area utama maka terdapat beberapa tumbuhan sejenis pakis atau palm yang membuat pantai ini semakin indah untuk dilihat dan dikunjungi. Pantai parangkusumo ini tampak asri dan hijau . Jalanan untuk menuju akses area ini lumayan cukup lebar terbuat dari paving block yang sekaligus dapat menghubungkan dengan pantai parangtritis dan pantai depok yang letaknya memang bersebelahan. Berikut ini beberapa penampakan dari pantai parangkusumo.

Nah kurang lebih seperti gambar diatas penampakan foto pantai parangkusumo bagaimana menurut anda..? jika anda pernah liburan ke pantai ini tentunya anda bisa berkomentar,wah indah banget yahh .

Harga Tiket Masuk Pantai Parangkusumo

Bagaimana dengan harga tiket masuk di tempat wisata pantai parangkusumo ini ,untuk tiket retribusi digerbang depan ini sudah termasuk tiket masuk ke pantai parangtritis karena memang kedua pantai ini yaitu (pantai parangtritis dengan pantai parangkusumo) masih dalam satu kawasan.

  • Tiket masuk Rp. 3.000,- per orang
  • Tarif masuk motor Rp.1.000,-
  • Tarif masuk mobil Rp.5.000,-
  • Tarif parkir motor Rp. 2.000,-
  • Tarif parkir mobil Rp. 5.000,-
  • Tarif sewa ATV Rp. 50.000,- per 15 menit
  • Tarif sewa kereta kuda Rp. 20.000,- per 1 kali putaran

Harga diatas kemungkinan masih sama dengan sekarang atau bisa juga berubah , harga diatas kurang lebih hanya sebagai referensi bukan untuk patokan.

Lokasi Tempat Pantai Parangkusumo

Bagaimana dengan lokasi tempat ini , untuk lokasi tempat wisata pantai parangkusumo ini yaitu terletak dikabupaten bantul yang kurang lebih berjarak sekitar 30 km sebelah selatan kota yogyakarta , pantai yang satu ini berdampingan denga pantai parangtritis dan juga pantai depok. Tidak ada pembatas yang jelas bila dilihat dari bibir pantainya. Hanya pada bagian tepi daratnya terdapat bangunan yang berbeda .

Fasilitas Pantai Parangkusumo

Untuk fasilitas yang tersedia di tempat ini dari beberapa sumber yang saya baca lumayan cukup lengkap , fasilitas yang disediakan ada penginapan atau losmen, toilet umum ,masjid ,kemudian ada juga rumah makan dan beberapa kios yang menjual berbagai macam souvenir maupun pakaian. Fasilitas lainya yang gak kalah menarik dipantai ini yaitu terdapat menara pengawas dan TIM SAR yang selalu berjaga dipantai untuk memberikan peringatan bila ada pengunjung yang berenang terlalu ketengah.

Anda bisa menikmati udara sejuk dari hembusan pantai parangkusumo ini dan juga menikmati ombak yang bergulung gulung,anda juga bisa menyewa kereta kuda dengan tarif yang cukup murah yaitu sekitar 20.000 sekali keliling dipantai parang kusumo.

Demikian informasi yang membahas mengenai Wisata Pantai Parangkusumo Gumuk Pasir Bantul,semoga bermanfaat dan menambah referensi atau wawasan mengenai pantai yang ada di yogyakarta. Jangan lupa juga untuk share yah.

Leave a Reply